Swifel

Written By kopraljhono on Kamis, 26 Januari 2012 | 22.11


Pemakaian swivel berguna agar senar tidak menggulung dan kusut pada saat memancing, karena swivel akan berputar sesuai dengan beban tarikan mata pancing. Swivel biasanya dipakai pada rangkaian pancing untuk memudahkan pemasangan senar ke rangkaian mata kail.
Swivel sekaligus merupakan alat untuk menyeimbangkan mata kail saat berputar, baik pada saat terkena arus air maupun saat umpan termakan ikan dan terjadi tarik ulur. Jadi, Swivel adalah sebuah alat kecil yang terbuat dari logam yang memiliki bentuk seperti dua buah cincin yang terhubung bersama, namun kedua cincin ini dapat berputar bersama secara bebas.
Keunggulan swivel ialah dapat mengurangi kemungkinan senar bergulung–gulung dan menjadi kusut karena alat ini akan selalu berputar secara bebas. Nah, jenis2 yang kami ketahui adalah :
Ball bearing swivel
Jenis ini adalah yang paling kuat sekali dan amat bersesuaian untuk kegunaan bagi menunda (Trolling) dan memancing ikan yang besar dan ganas. Harganya 2 kali lebih mahal sedikit dari jenis ‘barrel swivel’. Swivel ini mempunyai kacang-kacang (ball bearing) didalamnya dan akan berputar dengan baik.


Three-way swivel
Jenis ini mempunyai 3 (tiga) simpulan yang diikat pada cincin pada jarak yang sama. Kegunaan simpulan ini adalah untuk memisahkan umpan dari batu pemberat.
Swivel dari jenis ini amat lemah sekali karena ketika digunakan posisinya selalu berdiri dan berputar yang mengakibatkan tali akan kusut. Swivel ini selalu digunakan untuk memancing di dasar.


Barrel swivel
Ini adalah jenis yang paling popular digunakan oleh para pemancing. Terdapat 2 macam jenis yaitu lurus (“straight”) dan “twisted eye”.  
Jenis ini adalah murah, walau bagaimana pun barrel swivel  tidak begitu sesuai sekiranya digunakan untuk trolling atau untuk bertarung dengan ikan yang berat dan besar. Barrel Swivel amat cocok untuk mancing dasaran, atau casting untuk ikan yang ukurannya tidak terlalu besar.


Chain swivel
Jenis ini adalah sesuai untuk trolling dan mempunyai rangkaian ‘barrel’ untuk menentukan bahwa ia akan berputar apabila digunakan. Dan sebaliknya, tidak sesuai digunakan untuk mancing dasaran.


Snap swivel
Kegunaannya adalah sama yaitu menyambung tali utama pada atau umpan tiruan serta menentukan bahwa tali tidak berbelit atau bersimpul semasa memancing.
Penggunaan baja anti karat berguna mencegah terjadinya karat yang muncul, apalagi jika anda menggunakan rangkaian pancing ini pada pemancingan di laut, sehingga berpengaruh pada harga juga. Harga swivel berkisar antara Rp 300 hingga Rp 10.000 tergantung besar, jenis, serta bahan yang digunakan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik