cara memasang mata pancing dengan benar

Written By kopraljhono on Senin, 02 Januari 2012 | 21.18

berikut beberapa tenik simpul untuk mengikat pancing yang diambil dari buku Geoff Wilson's Complete Book of Fishing Knots & rigs karangan GEOFF WILSON.


CARA PERTAMA

Cara mengikat pancing seperti ini adalah saat pertama kali saya diajak kawan saya yang memang sejak awal sudah punya hobi memancing. Mengikat pancing seperti gambar yang tertera di bawah ini umum dipakai oleh para nelayan tradisional kita maupun para pemancing kawakan yang memang sudah profesional. Entah siapa orang pertama yang menemukan cara seperti ini. Yang jelas cara seperti ini banyak digunakan. Masukkan kenur ke dalam lubang mata kail, kemudian lilitkan sebanyak 9 sampai 10 putaran, masukkan ke lubang mata kail lagi dan tarik ke atas. Perhatikan gambarnya baik-baik dan ikuti petunjuk arahnya.

Berikut adalah gambarnya.


CARA KEDUA

Cara seperti ini juga umum digunakan oleh para pemancing pemula atau yang sudah profesional. Caranya sangat mudah dan simpel. Masukkan kenur ke dalam mata lubang mata kail. Lakukan putaran di dalam lubang lilitan sebanyak 9 sampai 10 putaran, Lalu masukkan ke lubang bawah, naikkan kenur tadi ke atas dan masukkan ke lubang lingkaran tadi, lalu tarik ke atas secara bersamaan. Lihat gambarnya dan ikuti cara mengikatnya.

Berikut adalah gambarnya.








CARA KETIGA .

Cara mengikat pancing seperti ini sama dengan cara kedua, hanya bedanya terletak pada memasukkan kenur pancing ke dalam lubang mata kail, kemudian dililitkan dan ditarik ke atas, lalu dimasukkan ke lubang bawah dan dililitkan ke atas, lalu ditarik ke atas secara bersamaan sampai mengunci. Lihat dan ikuti petunjuk gambarnya.

Berikut adalah gambarnya.




CARA KEEMPAT.

Cara mengikat pancing seperti ini hampir sama hasil akhirnya, hanya letak perbedaannya pada lilitan yang diputarkan pada kenur yang satunya sebanyak 3 sampai 4 lilitan, kemudian lilitan tersebut dimasukkan ke lubang lilitan dan ditarik secara bersamaan ke atas.


Berikut adalah gambarnya.




CARA KELIMA.

Disini saya coba menerangkan cara mengikat pancing seperti gambar tertera dibawah ini.
Pertama masukkan kenur ke dalam lubang kail. Lakukan arah memutar lalu lilitkan sebanyak 3 sampai 6 lilitan. Tarik ke atas sampai mengunci. Lakukan beberapa kali latihan agar lancar dalam mengikat kenur pancing dengan cara seperti ini.

Berikut adalah gambarnya.




CARA KEENAM.

Disini saya coba menerangkan bagaimana mengikat dua mata pancing dengan 1 tali kenur tanpa sambungan. Perhatikan tahap demi tahap gambar di bawah ini.

Berikut adalah gambarnya.




CARA KETUJUH.

Cara mengikat pancing seperti ini adalah cara yang sangat sederhana sekali. Cara mengikat seperti ini tergolong praktis dan mudah, juga tidak membutuhkan waktu lama. Cukup dengan 1 ( satu ) lilitan saja.

Berikut adalah gambarnya.




CARA KELAPAN.

Cara mengikat pancing seperti ini sama mudahnya dengan diatas hanya dengan 2 ( dua ) putaran saja. cara mengikat seperti ini sama mudah dan kuatnya dan juga tidak perlu waktu lama.

Berikut adalah gambarnya.





CARA KESEMBILAN.

Cara mengikat pancing seperti ini hampir sama dengan cara ketujuh dan kedelapan. Semua ikatan jenis ini digunakan untuk mancing jenis ikan-ikan yang berukuran kecil dan sedang.

Berikut adalah gambarnya.





8 komentar:

Prayitno mengatakan...

thanks infonya, lagi blajar mancing nih...

Anonim mengatakan...

Mau nanya cara mengikat kail untuk mancing kolam, terdiri dari 2 kail atau lebih. dipangkal senar kail ada lilitan ke senar utama, saya dah coba-coba tp selalu gagal.

Bisnis Online Modal 50 Ribu mengatakan...

thx tipsnya.. sangat membantu sekali.. :D

diki sulaeman mengatakan...

maksaih tipsnya,, mancing mania mantap

rudi mengatakan...

mantap umpannya.. mudah mudahan saya juga bisa coba

ujang alit mengatakan...

infonya mantap... saya akan coba buat sendiri tanpa bantuan orang lagi

sherina mengatakan...

makasih informasinya

Anonim mengatakan...

Tx banyak.....!

Poskan Komentar

 
berita unik